Kemana Itu Para Tentara yang Gagah?

Nyeri…

Hanya itu yang bisa saya rasakan saat ini. Pekerjaan saya hari ini adalah menerjemahkan artikel mingguan semacam American Insight, yang membahas berbagai transformasi politik di AS sepanjang sepekan terakhir. Biasanya, isinya adalah perdebatan antara para senator Republik dan Demokrat atas suatu dokumen, semakin naiknya grafik defisit bujet pemerintah federal (terakhir sudah melewati angka 400 milyar dolar), atau proposal penambahan dana perang oleh Bush, yang kini rata-rata menelan dana 1 milyar dolar per-minggu.

Tapi hari ini…

Dengan dada nyeri, saya harus mengetik ulang kepedihan yang dulu terjadi di Bam dan Aceh Kini, musibah itu bernama Katrina, dan datang ke sebuah negeri yang konon adidaya. Mereka, saudara-saudara kita sesama keturunan Nabi Adam, harus berhimpitan di sebuah tempat bernama Superdome (mungkin stadium olahraga ya?) selama berhari-hari. Nenek-nenek harus menghembuskan napas terakhirnya di atas kursi rodanya. Bayi-bayi harus meninggal akibat kehausan. Rata-rata 10 orang tewas setiap hari akibat buruknya kondisi lokasi pengungsian. Wabah penyakit mulai meraja-lela. Sebagian terpaksa duduk di bus-bus, karena ditolak oleh tempat-tempat penampungan. Penjarahan, pembunuhan, pemerkosaan (ada seorang gadis usia 14 tahun tewas setelah sebelumnya diperkosa!) terjadi begitu saja, tanpa bisa dicegah oleh tentara.

Kemanakah para tentara dan rescuer Amerika yang gagah dan adidaya itu, seperti yang sering muncul di film-film? Atau, hanyakah semua itu ada di film, yang sengaja dibuat agar dunia takut dan terkagum-kagum pada Paman Sam? Kenyataannya adalah: kita semua manusia memang makhluk yang lemah, siapapun, dari negara manapun.

Laa hawlaa wa laa quwwata illaa bil-Laah.

photo: Reuter (ambil dari Yahoo!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s