Mutiara Ramadhan (2)

Dalam QS Al Baqarah:3 disebutkan bahwa salah satu ciri orang yang bertakwa adalah “yang beriman kepada yang gaib”. Apa yang disebut sebagai ‘yang gaib’? Yaitu, hal-hal yang non-materi. Kepercayaan kepada non materi adalah landasan dari keimanan dalam Islam. Kita mengetahui adanya sesuatu yang non-materi melalui akal. Misalnya, dengan melihat alam semesta, kita mengetahui pasti ada “Sesuatu Maha Besar” yang menciptakannya, yaitu Tuhan. Ketika kepercayaan pada “yang gaib” itu telah menjadi world view kita (pandangan kita terhadap dunia), kita akan melakukan segala sesuatu dengan pertimbangan jangka panjang, yang di luar ‘materi’.

Misalnya, ketika kita benar-benar percaya akan adanya malaikat di kiri-kanan kita (yang sama sekali tidak teraba dan tidak terlihat), sulit bagi kita untuk berani berbuat dosa. Ketika kita yakin bahwa Allah tidak mengantuk dan tidak tidur, bagaimana mungkin kita berani menipu, mencuri, korupsi, bergunjing, berdusta, dll? Orang yang benar-benar percaya pada ‘yang gaib’, akan selalu menjaga dirinya agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan dosa, dan inilah orang yang bertakwa itu.

Doa Ramadhan Hari Ke-2:

اَللّهُمَّ قَرِّبْني فيهِ اِلى مَرضاتِكَ ، وَجَنِّبْني فيهِ مِن سَخَطِكَ وَنَقِماتِكَ ، وَ وَفِّقني فيهِ لِقِرائَةِ اياتِِكَ ، بِرَحمَتِكَ يا أرحَمَ الرّاحمينَ .


Yaa Allah, dekatkanlah aku kepada keridhoan-Mu. Jauhkanlah aku dari kemurkaan serta balasan-Mu. Berilah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayat-Mu, dengan rahmat-Mu, Wahai Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s