Mutiara Ramadhan (10)

Mutiara Ramadhan (10)

Masih tentang Al Quran, dalam ayat Al Baqarah ayat 2 disebutkan “Inilah kitab –Al Quran—petunjuk bagi orang yang bertakwa.”

Ada pertanyaan menarik di sini. Jika Al-Quran adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, bagaimana posisi orang-orang yang tidak bertaqwa? Apakah bagi mereka, yaitu orang-orang yang tidak bertaqwa itu, Al-Quran bukan lagi sebagai kitab petunjuk?

Ada sejumlah jawaban yang bisa kita kemukakan atas pertanyaan ini.

  1. Pada hakikatnya, Al-Quran adalah petunjuk universal, bukan hanya bagi kaum muslimin, melainkan juga bagi ummat manusia. Pada ayat 185 surat Al-Baqarah, Allah berfirman “hudal-lin-nas” (petunjuk bagi manusia). Akan tetapi, isi kitab suci ini hanya bisa berpengaruh secara efektif kepada jiwa-jiwa yang bertaqwa.
  2. Petunjuk bagi orang-orang bertakwa pada ayat ini bisa diartikan bahwa Al-Quran adalah kitab pencetak orang-orang bertaqwa; kitab yang bisa menuntun manusia agar bisa menjadi orang-orang yang bertaqwa. Dalam keseharian, kita dengan mudah akan mendapati hal-hal seperti itu.

اَللّهُمَّ اجْعَلني فيهِ مِنَ المُتَوَكِلينَ عَلَيْكَ ، وَ اجْعَلني فيهِ مِنَ الفائِزينَ لَدَيْكَ ، وَ اجعَلني فيه مِنَ المُقَرَّبينَ اِليكَ بِاِحْسانِكَ يا غايَةَ الطّالبينَ .

Yaa Allah! Jadikanlah aku di antara orang-orang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku di antara orang-orang yang menang di sisi-Mu, dan jadikanlah aku di antara orang-orang yang dekat kepada-Mu dengan ihsan-Mu, wahai Tujuan Orang-Orang Yang Memohon.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s