Kita (Ternyata) Masih Terjajah

17 Agustus tahun ini adalah untuk pertama kalinya selama tujuh tahun di Iran, yang tidak saya lalui di Wisma Duta. Siapa yang minat ikut upacara pagi-pagi, setelah semalaman bergadang mengasuh bayi?! Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir hidangan yang disediakan Bu Duta tidak seenak yang dulu-dulu. Jadi, yah, tidak ada daya tarik apapun di Wisma Duta sana. Si Akang juga kebetulan sedang shift malam, jadi harus tidur sepanjang pagi. Siangnya, dia berencana ngelencer ke Pay-e Takht, sebuah pusat pertokoan dan service komputer.

Komputer kami “baru” dipakai tiga tahun. Tapi sudah ngadat di sana-sini. Konon, gara-garanya, kami terlalu membebani si kompi dengan berbagai program, jadi mother board-nya harus diganti. Pulang dari Pay-e Takht, saya langsung menanyakan nasib si kompi tersayang.

“Gimana?”

Mother board kita gak bisa diganti. Kalau mau ganti dengan MB yang keluaran baru, semuanya harus ikut diganti, termasuk RAM, kartu grafik, kartu suara, dll, bahkan termasuk case-nya pun harus diganti.”

“Trus, RAM lama diapain?”

“Ya dijadiin gantungan kunci, kali.”

Huuh..sebelnya. Coba, kenapa perusahaan komputer gak bikin MB yang bisa pas dengan RAM model lama? Kenapa mereka sengaja memasang satu ‘gigi’ tambahan sehingga RAM model lama gak bisa dipasangkan ke MB baru ini?

Huhuhu.. siapa bilang kita sudah “merdeka”? Buktinya, kita ternyata masih “dijajah”, minimalnya oleh para penguasa teknologi komputer, iya kan?

NB: minta maaf ya, sampai beberapa hari ke depan saya belum bisa jalan2 berkunjung ke site temen2 sekalian, si kompi masih di ‘rumah sakit’ nih, saya gak nyaman internetan lama2 dgn menggunakan laptop, ngeri kena virus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s