Beginilah Kalau Mikirin Kata Orang ;)

Bertahun-tahun tinggal di tengah-tengah perempuan Iran yang memang sangat peduli pada penampilan, antara lain dengan menjadwalkan waktu ke salon untuk mengurusi alis (dirapikan), mengecat rambut, dll, ternyata tidak bisa membuat saya ‘berubah’. Saya tetap Dina yang dulu, yang ogah ke salon (kecuali potong rambut) dan tidak mengerti mengapa perempuan harus merapikan alis (kan sakit, kalo alis dicabutin).


Akibatnya, saya sering mendapat tatapan aneh dari perempuan-perempuan Iran itu. Kadang mereka mengeluarkan kata2 yang membuat saya rada gak enak. Tapi biasanya sih gak saya ambil hati. Namun ada dua kejadian ekstrim soal komentar orang ini.

1. Down

Beberapa hari setelah melahirkan Reza, saya sudah jalan keluar rumah, ke warung (hebaaat!!!). Di jalan ketemu tetangga yang dengan spontan bilang, “Cheqadr modar syuhar syudi?” (kok kamu kayak mertua). Saya rada heran apa maksud kalimat ini. Tak lama kemudian baru saya sadar, maksudnya, tampang saya jadi kayak perempuan tua, gitu loh.
Hwaaaa…. saya luar biasa down deh :((

Saya memberanikan diri bertanya ke suami:
Dina: Pa, aku kelihatan udah tua banget ya?
Si Akang: ya gak tau, kan Papa liat Mama tiap hari, jadi tidak tau ada perubahan
atau tidak (wadoooh…jujur amat sih Pa!)

Dina: kalau aku udah tua, jangan kawin lagi ya… *nadanya sedih banget loh*

Si Akang: kalau Mama udah tua, Papa kan juga udah tua, gimana mau kawin lagi?! *benar-benar tidak romantis!*

2. Puasssss!

Kemarin, saya hunting foto ke Bazaar Terhran, bersama Kirana, Reza, dan ditemani seorang teman akrab saya, perempuan Iran, Shahnaz. Shaznaz membawa anaknya laki-laki usia 16 tahun untuk membantu saya menggendong Reza atau mendorong stroller. Di Masjid Shah yang terletak di dalam kompleks Bazaar, terlihat ada serombongan turis yang sedang mendengarkan penjelasan seorang guide. Saat saya sibuk motret, seorang turis *laki-laki, ganteng pulak :D* datang mendekati Reza yang sedang bobo di stroller-nya. Dia kelihatan gemes sekali. Saya pun menyapanya,

Dina: Where are u from?

Turis: Yunan (Yunani.. heran, kok dia gak jawab “Greece” ya?)

Dina: Oh, I came from Indonesia.

Turis: I see… Oh, I want to eat this baby, it is soooo sweeeeet (dengan ekspresi gemas)

Shahnaz: (dgn bahasa Persia) waaa.. orang ini kayak aku, aku juga gemes banget sama Reza!

Dina: *nyengir*

Turis: Is it your brother?


Puaaaaaaaasss…!! (jadi saya dikirain anaknya Shahnaz, dan Reza adlh adik saya, huahahaha)

Dina : *sambil nyengir lebar* oh no… it is my son, and this is my daughter *menunjuk Kirana*, and they are my Iranian friends *menunjuk Shahnaz dan anaknya*


Hari gini ada juga yang mengira gw masih gadis =))

*untung Shahnaz gak ngerti English, jadi dia nggak tersinggung, dan saya juga gak menerjemahkan kata2 si turis tadi*

Advertisements