Lagi-Lagi: Ibu Rumah Tangga =Penganggur?

Sebenarnya ini keluhan klasik. Sudah banyak ibu rumah tangga mengeluhkan, mengapa dirinya yang sibuk luar biasa disebut penganggur? Tak disangka, tak diduga, kasus ini menimpa saya, huehehe… Ceritanya, kemarin nelpon sso, ketika saya bilang saya sekarang di rumah aja ngurus anak, dia bilang, “Ah, Dina coba ngelamar ke ini..anu..itu… pasti keterima. Saya yakin Dina gak akan nganggur!” Hah, nganggur?! Tolong…!! Saya dari pagi sampai jam 9 malam rasanya kehabisan nafas ngurusin anak dan rumah, dibilang nganggur?!

Jadi ingat chatting dengan Uni Eva—dulu… ketika saya masih jadi karyawan di IRIB:

[membicarakan seorang teman yang punya ilmu tinggi tapi tidak kerja di luar dan konsen mengurus keluarga]

Dina: yah, tapi kan sayang ya, si Mbak kan ilmunya tersia-siakan. Buat apa atuh dia sekolah tinggi-tinggi tapi tetep aja jadi ibu rumah tangga?

Uni Eva: ye.. kalo gak sekolah tinggi, namanya “ibu rumah tangga”. Tapi kalo sekolah tinggi dan memilih tetap di rumah itu namanya “Full Time Mother” alias FTM.

Dina: kekeke…. Jadi sekarang ada istilah lebih keren ya 😀

Okelah, sekarang saya lebih suka menyebut diri sebagai FTM *ehm, meski sekolah juga gak tinggi2 amat*. Bukan cuma suka, tapi bangga. Kok bisa bangga? Ya iyalah, saya berani memutuskan untuk konsentrasi mengurus anak. Keputusan yang berat loh. Saya sama sekali gak minder ketika menyatakan diri, “Saya di rumah saja, konsentrasi mengurus anak.” Buat saya, ini keberhasilan besar mengingat saya dibesarkan dengan doktrin bahwa perempuan harus bekerja di luar rumah *kayaknya sih ini hasil diskusi dengan ibu-ibu mp-ers dan ibu2 di milis WRM kali ya*.

Saya gak mau memberi penilaian mana yang lebih baik: working mom atau FTM. Yang tau kondisi adalah si ibu sendiri, iya kan? Kalau dalam kondisi kami sekarang ini, pilihan terbaik saya adalah jadi FTM. Jadi, biarlah apa kata dunia. Mau disebut penganggur kek, mau dikasihani kek, EGP. Merdeka!

Leave a Reply

