Menuhankan Sertifikat

Beberapa hari lalu.

Seorang kenalan kelihatan banget ingin ikut pelatihan metode Rumah Qurani yg diselenggarakan di kompleks kami. Apa daya, uang tak ada. Karena saya lihat potensinya bagus, ya saya bayarin saja. Ketika saya serahkan kwitansi bukti pelunasan biaya kepadanya, dia bertanya, “Acara pelatihan ini untuk kawasan Bandung ya?”

Saya jawab, “Bandung timur aja kayaknya.”

“Oh.. coba kalau dibikin Jawa Barat-Banten, gitu, poinnya bisa 30.”

Saya terdiam, menghela nafas. Saya baru sadar. Dia ingin ikut pelatihan ini demi mendapatkan selembar sertifikat yang berguna untuk karirnya sebagai guru.

***

Bedah buku “Dr Cilik” di kota X beberapa waktu lalu.

Diadakan di sebuah hotel berbintang. Sekilas saya baca spanduknya “Seminar Nasional”. Peserta sangat membludak. Sebagian besar para guru.

Seorang teman yang selama acara duduk di luar ruangan, di dekat pintu masuk (karena jualan VCD) melaporkan, “Tadi banyak yang gak kebagian tempat duduk, jadi pulang lagi. Mereka bilang, gpp lah yang penting sudah dapat sertifikatnya!”

O..owww….!

(Catatan: sekarang baru saya tahu mengapa pesertanya membludak. Rupanya karena acara ini berlabel “Seminar Nasional”. Sertifikat sebuah seminar nasional konon poinnya 100. Si panitia pun menangguk uang banyak, karena para peserta harus bayar dan sebagian dana acara ini –termasuk honor saya dan biaya transport—dibayari penerbit.)

***

Masih beberapa hari lalu.

Seorang kepala sebuah sekolah, mengundang saya datang ke kantornya untuk membicarakan seminar yang ingin digelar sekolah itu. Mereka minta saya yang jadi pembicaranya (karena saya nulis buku Dr Cilik itu). Saya sih seneng-seneng aja, …sampai… ketika si Ibu berkata,

Bu, kan sekarang ini zaman sertifikasi ya. Banyak orang mencari sertifikat demi karirnya. Kita nanti akan mengenakan biaya yang minim saja. Insya Allah seminar ini pasti banyak yang mau ikut. Nanti Ibu memberikan sertifikat Rumah Qurani kan?

Ya Tuhan…

Mengapa orang Indonesia sekarang menuhankan sertifikat????!!

foto minjem dari sini.

Leave a Reply

