Mau Memuji atau Merendahkan, Sih?

Hidup selama 8 thn di Iran, cukup banyak kebiasaan orang Iran yang membuat saya jengkel. Tapi, ada satu yang menurut saya patut dicontoh: gak pelit-pelit memuji orang dan kalau memuji, tak pernah ada ‘tapi’-nya. Kebiasaan mereka itu terasa ‘ngangenin’ buat saya setelah bbrp bulan kembali hidup di Indonesia. Pasalnya, saya berkali-kali ‘tergores’ (ga sampai tersinggung sih..) sama budaya memuji orang-orang Indonesia yang suka pakai ‘tapi’.

Misalnya, Kirana dipuji-puji oleh ibu-ibu teman-temannya di sekolah. “Pinter, sikapnya paling hideng (dewasa), rajin…”

Tapiiiiiiiiiii… “Ah, tapi kan Kirana umurnya sudah lebih besar dari teman-temannya, ya pantas aja!” (Kirana masuk SD umur 6 lebih 3 bln, sementara teman2nya ada yg baru 5 thn atau 6 thn kurang).

Atau, saya dipuji-puji. “Bu Dina bukunya bagus. Saya seneeeng… bacanya.”

Tapiiii….. “Itu ada yang bantuin ya Bu, nulisnya?”

Atau, Kirana dipuji, ”Duh, Kirana sih kalem ya, sukanya di rumah aja ….Gak pusing ngurusnya.”

Tapiiiiii…. “Tapi sekarang kok tambah item ya?”

[Saya ga problem anak saya mo item ato putih. Masalahnya, Kirana anak yg sensi banget. Waktu di Iran, kulitnya memang putih, pindah ke Rancaekek kok malah jadi item :D. Saking sering dikomentari ‘item’, dia sampai merasa dirinya ga cantik. Bahkan, dia pernah sampai minta diajak facial ke salon.]

Atau Reza. “Subhanallah..meni gendut….”

Tapiiiiiiiii… “Ah, tapi ini pasti susunya bukan ASI ya? Susu formula ya?”

Yang paling bikin sewot.

“Wow, HP-nya bagus ya…Ada kameranya ya? Beli berapa?”

“1,6 juta.”

Ah, sebenarnya harga delapan ratus juga udah bisa loh, beli hp yg ada kameranya!”

[Hah? Terserah saya dong, mau beli hp harga berapa aja?!]

Disclaimer: saya bukan mabuk pujian ato dipuji2..tapi bagi saya, mending ga usah dipuji deh, daripada dipuji lalu ada ‘tapi’-nya yang bernada merendahkan. Iya kan?

Leave a Reply

