Honor Pertama Kirana

Lagi sibuk di dapur, bel pintu berbunyi. Dari jendela terlihat, yang datang Pak Pos. Kelabakan deh, cari-cari jilbab. “Sebentar ya Pak!” seru saya.

“Ya Bu. Di sini ada yang namanya Kirana kan?” jawab Pak Pos.

Hah? Kirana? “Iya Pak.”

Pas buka pintu, ternyata, ada WESEL buat Kirana, besarnya Rp 75.000, dari Harian Republika. Hah???

Dengan agak bengong, saya tandatangani resi-nya. Setelah lama mikir, baru inget, Kirana memang pernah mengirim gambar untuk rubrik KORCIL (Koran Cilik). Wow..berarti dimuat dan dapat honor! Sungguh di luar dugaan. Rasanya seneeeeeng.. banget!

Sekedar sharing, saya ingin cerita sedikit tentang menggambar dan menulis untuk anak. Kirana memang pernah saya ikutkan kursus gambar. Uniknya, di tempat kursus itu, anak-anak tidak ditangani secara klasikal, melainkan satu-persatu dibebaskan berkreasi. Menggambarnya pun di media yang aneh-aneh, misalnya di atas sendok sayur, di papan irisan, dll. Sebelum menggambar pun, anak-anak didongengi dulu oleh gurunya. Kirana baru tiga kali ikut kursus, lalu ngambek, karena dua kali kehujanan (soalnya perginya naik motor). Saya sempet nelangsa juga, dan berkhayal, “Duh, coba ada mobil ya…” Tapi ya sudahlah. Nanti kalau tidak musim hujan lagi, kan Kirana bisa diantar ke sana lagi.

Tapi, luar biasa, dengan hanya 3 kali datang itu saja, banyak kemajuan yang dia dapatkan. Pertama, tambah kreatif (dia jadi suka bikin kerajinan tangan). Kedua, gambarnya juga semakin bagus. Ketiga…ini nih.. yang paling saya suka: Kirana jadi suka menulis! Tentu saja, kemajuan ini tidak sama pada setiap anak ya… Saya melihatnya begini: mungkin Kirana sudah ada bakat sedikit, nah, guru menggambarnya mampu memberi stimulus yang jitu, sehingga bakat itu bisa ‘keluar’.

Ada teori yang saya dapatkan dari Kak Adhi, pendongeng yang juga guru di Rumah Qurani, bahwa manfaat dongeng antara lain adalah merangsang kemampuan menulis anak. Nah, teori ini ternyata benar juga. Saya sudah menyaksikan sendiri. Kemampuan menulis Kirana maju pesat setelah ikut kursus gambar (dgn metode dongeng) itu. (Tentu, relatif ya… Saya mengatakan ‘maju’ ini dengan membandingkan pada kemampuan Kirana sebelumnya, dia kan bahasa Indonesianya rada-rada kacaw karena sejak lahir sampai usia 6 thn tinggal di Iran).

OK, sekian dulu, sharingnya, siapa tahu ada yang terinspirasi:) Oya, sebentar lagi Kirana mau ikut lomba gambar, doain menang yaaaa…:)

Note: buat temen2 yg langganan Republika, boleh minta tolong ya… Saya gak tahu gambar Kirana itu dimuat di edisi kapan. Kalau ada yang masih menyimpan koran2 Republika edisi minggu, tolong dilihatin ya… Ngirim gambarnya sih, kalau ga salah ingat, sekitar 2 bln yll.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s