Milih Buku Atau Baju?

Baju-baju Kirana sudah ‘tua’, masih layak pakai sih… cuma saya merasa perlu membelikannya baju baru, soalnya kalau bepergian, bajunya itu-itu melulu. Kasihan juga. Selain baju, saya juga harus membelikannya buku-buku cerita baru. Kebetulan dia punya proyek pribadi menulis buku cerita tentang dunia laut, jadi saya pikir, dia harus banyak membaca buku terkait hal itu. Saya juga butuh baca buku cerita anak karena punya ambisi pribadi menulis cerita anak (ngotot deh, biar pun sudah dinasehati Mba Mamiek dan teh Ria:D).

Jadilah, hari Sabtu lalu saya pergi shopping. Niatnya ke Pasar Baru dulu, baru ke Gramedia (sekalian di sini janjian kopdar lagi sama Mbak Ratna). Tapi, saya berubah pikiran. Mending beli buku dulu, baru sisa dananya beli baju.

Tapi..olala… seperti biasa, kalau lihat buku saya sering kalap. Rencana saya, mau beli buku sedikit saja. Tapi, buku-buku yang ada sangat menggoda. Saya berjuang keras menyeleksinya. Beberapa judul yang sudah masuk ke keranjang, dikeluarin lagi. Dimasukin lagi. Ragu-ragu. Akhirnya, saya menyerah. Ya sudahlah, tak usah beli baju buat Kirana. Beli buku aja. Toh bajunya masih layak pakai. Glek, sampai kasir… lebih dari 400 ribu rupiah melayang.

Sampai rumah, sebelum diomelin si Akang, saya langsung membela diri, “Ini buat modal nulis Pa… Mama kan mau nulis buku cerita, Kirana juga. Kalau mau nulis kan harus banyak baca dulu?” (dengan pasang tampang polos memelas:D)

Si Akang pun diam tak berkutik 😀

Saya sebenarnya ada rasa bersalah juga sih. Kok kayak gak peduli sama penampilan anak. Tapi, melihat ekspresi senang Kirana dan melihatnya langsung tenggelam membaca buku-buku barunya (sambil sesekali menulis cerita, saat terpikir ide baru setelah membaca), rasanya saya sudah mengambil keputusan yang benar. Biarlah Kirana (sementara ini) tak punya baju baru. Buku lebih berharga untuknya.

Note: saya juga berniat beli buku-buku temen MP-ers misalnya ini atau ini, ternyata sold out… gak ada stok… wuih..berarti laris manis ya…:)

Leave a Reply

