Tips Membuat Anak Gemar Matematika: Do the MagicMathic’s!

Sejujurnya, saya lelet dalam bidang hitung-hitungan. Nilai matematika saya memang selalu bagus, tapi itu berkat rajin belajar dan patuh pada orang tua , bukan karena enjoying the mathematics. Pernah saya browsing, lalu menulis artikel berjudul “Enam Langkah Mendidik Anak Cinta Matematika” Tentu saja, apa yang saya tulis, saya praktekkan. Tapi, ya keberhasilannya masih terbatas (minimalnya, Kirana gak serem pada matematika), cuma… masalah keleletan ngitung (dan akhirnya, males ngitung)… lah, kok nurun dari ibunya ya?:))))

Sebagai contoh,

123+ 321+ 456+ 249=… atau 279: 99 =… atau 234567252 x 11=…..

Sebenarnya soal ini mudah. Cuma, saya butuh waktu agak lama buat ngitungnya. Juga, saya merasa ada hambatan psikologis, “Gampang sih, tapi lama, jadi pake kalkulator aja!”

Ternyata oh ternyata… ada cara ajaib untuk menyelesaikan soal-soal itu dengan cepat dan mudah. Dan kalau dipraktekkan ke anak, Insya Allah anak akan seneng, dan merasa matematika itu mudah. Cara ajaib itu bernama MagicMathic’s. Kemarin, saya mengikuti workshop-nya, yang langsung dipandu oleh penulis buku MagicMathic’s (Agustina SPd dan Drs. Heribertus SAS)… Wow… benar-benar inspiring! Yang dibahas tidak sekedar cara menyelesaikan soal-soal dengan cara ajaib, tapi lebih mendasar lagi, bagaimana seharusnya visi dan konsep kita sebagai ortu/guru dalam mendidik anak.

Kata-kata, “Gitu aja gak bisa!” saat si anak tidak berhasil menyelesaikan soal matematika yang mudah ternyata adalah salah besar. Misalnya 49+….=97. Anak yang tidak bisa menyelesaikan soal itu bukannya bodoh, tapi konsep di otaknya memang belum nyambung, apa makna soal itu. Jadi yang salah –ketika si anak gak bisa jawab—bukan si anak, melainkan si pengajar.

Nah, dengan MagicMathic’s, kita jadi belajar cara memahamkan ke anak konsep kali-bagi-tambah, lalu trik-trik supaya mengali-menambah-membagi angka-angka bisa dilakukan dengan cepat, lalu ada pula permainan-permainan angka yang seru-seru (sehingga si anak jadi seneng ngutak-atik angka).

Saya baru baca buku MagicMathic’s secara scanning. Kata Pak Heri, ibu/guru harus menguasai dulu buku ini, baru bisa mengajar ke anak. Saya sangat menikmati penjelasan tentang konsep pembelajaran matematika dan ilustrasi yang diberikan di buku ini (buku ini memang kreatif banget!). Masalahnya, kalo udah sampai di contoh-contoh soal dan melihat angka-angka di buku itu, saya langsung mumet deh, hihihi…. Jadi yah… kayaknya sindrom males ngitung2 harus segera saya hilangkan, lalu mempelajari buku ini baik-baik, dan kemudian mengajak Kirana berhitung dengan asyik!

Tengkyu Bu Agustina dan Pak Heri… both of you are so inspiring!

(tadinya mau masang foto beliau berdua di sini, tapi fotonya ada di henpon dan kabel henpon-ku entah nyelip di mana)

Leave a Reply

