Selingkuh

Isak tangis dari seberang line telpon itu membuat lidahku kelu.

“Kenapa aku yang harus mengalami hal ini? Apa dosaku?” katamu.

Aku tak tahu harus menjawab apa.

“Mungkin dulu engkau memang salah memilih,” jawabku, akhirnya.

Jawaban bodoh! Bagaimana kita bisa tahu lelaki macam apa yang akan kita nikahi? Maksudku, bagaimana kita bisa benar-benar tahu, lelaki macam apa calon suami kita? Ya kan? Ada yang bilang, menikah itu seperti membeli semangka. Tak ada yang tahu persis bagaimana isinya sebelum dibelah. Saat membeli, kita hanya bisa mengira-ngira. Bila ternyata merah dan manis, beruntunglah. Bila pucat dan hambar, syukuri saja. Apa boleh buat. Tapi bila busuk, haruskah tetap dimakan?

“Aku harus bagaimana? Aku benar-benar jijik!” tanyanya.

Apa yang harus kujawab? Aku bukan konsultan pernikahan. Bahkan aku tertatih-tatih menata diriku sendiri.

“Tinggalkan saja!” jawabku, akhirnya.

Lagi-lagi, jawaban bodoh! Semudah itukah? Bagaimana dengan anak-anak? Bagaimana dengan ‘kata orang’? Bagaimana…

“Aku tidak bisa…” keluhnya sambil memberikan sederet alasan.

Aku tak tahu lagi harus berkata apa. Sesungguhnya, aku bukan orang yang tepat untuk di-curhati. Aku tak mampu menyusun kata-kata untuk situasi sulit seperti ini. Hidupku selama ini sepertinya terlalu mudah, meski sering tak kusyukuri. Ketika ada teman-teman yang curhat kepadaku, seringkali justru aku yang sedang dinasehati, “Bersyukurlah atas hidupmu!”. Ketika aku menghibur mereka dengan kata, “Sabarlah”, sesungguhnya aku sedang menampar diriku sendiri. Apa yang kutahu tentang sabar, hah?

“Kenapa aku yang harus mengalami hal ini?” tanyamu lagi.

Sungguh, aku benar-benar tak tahu jawabannya. Apa kau tahu, mengapa ada lelaki yang tega mengkhianati istrinya?

Leave a Reply

