Pelatihan Buat Ibu&Bapak yang Suka Ngomel (ups..:D)

Kalau ditanya, berapa jam dalam sehari Anda bersama anak Anda? Berapa jam, jawab Anda?

Saya, ibu rumah tangga, spontan menjawab, “Ya dari pagi ampe pagi lagi!”

Bu Elly Risman dalam seminar ini, meminta para peserta menghitung… di pagi hari aja..


Pagi, kita bangunkan anak, “Nak..ayo bangun, sholat subuh!” (6-10 detik)

Lalu..kita pergi ngurusin yg lain kan? (masak, ini-itu..)

Lalu, kita teriak lagi, “Naaak.. sholat subuhnya udah beluuum? Kalo udah, ngajiiii! Yang bener tuh tajwidnya!!!” (15 detik)

Lalu, kita sibuk lagi ngurus ini-itu.

Lalu, kita teriak lagi, “Naaak.. ayo mandi! Yang bener mandinya. Daki2nya digosok. Punggung jangan lupa!”

Lalu…. lalu….

“Maaa… kaos kakiku mana?” kata anak.

“Makanyaaaa.. naruh kaos kaki yang bener dong! Kamu sih, berantakan melulu.. ! Mama kan udah bilang, lemari itu dirapikan biar kalo cari barang gak susah! Tuh kan, kalo udah begini, Mama lagi yang pusing. Mama tuh pagi2 banyak kerjaan, tau!” (2 menit)


Coba.. sepanjang pagi, mulai subuh (katakanlah jam 4.30) hingga jam 7 (anak pergi sekolah)… apakah kita memang terus bersamanya? Bukankah kita cuma mengucapkan sederet kalimat, lalu sibuk dengan pekerjaan lain ini-itu?

Belum lagi kalau kita teliti dgn detil apa yg terjadi pada jam2 selanjutnya di hari itu. Berapa jam yang benar-benar kita lewatkan bersama anak?

Nah.. kalao sudah begini, kata Bu Elly, jangan heran kalo anak cenderung abai pada nasehat-nasehat kita… Kita ngomong panjang lebar, dia cuek beibeh…

Sudah saatnya kita mempelajari teknik komunikasi yang baik dengan anak. Tanpa perlu ngomel, anak bisa nurut.. duh senangnya kalo bisa begitu, ya kan?


Saya juga insya Allah mau ikut pelatihan ini.. (buat MP-er yg mau ikutan juga.. kita sekalian kopdar yuk… :D)

*******
Pelatihan Komunikasi Pengasuhan Anak

Penyelenggara: Yayasan Kita dan Buah Hati

Waktu: 20-21 Januari 2009, 08.30-15.00

Tempat: Jl. Ganeca no 3 Bandung

Biaya: 350.000

Contact Person: Eva Delva 0812 1440 654

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s