Hari Gini… Gitu Loh!

Ini sebenarnya cerita beberapa hari yll (atau bbrp pekan yll ya? Saya rada2 disorientasi waktu). Dalam sehari, secara kebetulan, saya mendapat dua cerita yang bertolak belakang.


Cerita pertama, si Akang (suami saya) pulang dari Jakarta karena ada bbrp urusan, sekalian hadir juga di acara majlis dukacita wafatnya istri Imam Khomeini (di usia ke-100 sekian..) di ICC Jakarta. Ternyata, pembicaranya seorang perempuan Iran, doktor di bidang IT, dan menjadi pejabat tinggi pemerintahan untuk bidang IT juga (kalo ga salah jabatannya Dirjen, gitu). Dia datang ke Indonesia untuk urusan pemerintahan, tapi ya kebetylan ada acara majlis duka cita itu, sekalian aja diminta bicara.


Isi ceramahnya bagus banget, tapi saya lupa apa… (kan waktu itu saya sedang ‘gila’, jadi ga full nangkep si Akang ngomong apa, hihihi…)


Tapi intinya, saya ga kaget kalo dapat cerita perempuan Iran yang berilmu tinggi di berbagai bidang dan punya jabatan tinggi di pemerintahan. Udah biasa, gitulah…


Nah, parahnya, di hari itu, saya dapat cerita kedua. Seseorang cerita, di sebuah sekolah Islam, perkumpulan orangtua murid mau mengadakan acara seminar dengan pembicara seorang perempuan berilmu tinggi (ups, sengaja saya samarkan situasi-kondisinya supaya ga ada yang tersinggung.. cerita ini valid karena saya kenal orang2 yg terlibat dalam cerita ini). Semua dipersiapkan dengan baik. Tiba-tiba menjelang hari H, yayasan sekolah itu melarang pelaksanaan acara. Alasan: seminar itu terbuka untuk laki-laki dan perempun, padahal pembicaranya perempuan.


Oalaaaah… hari ini gitu loh! Untuuuung…anak saya ga sekolah di sana. Kalo melihat di perkotaan aja (ini di kota loh!) hari gini ada yang masih berpikiran begini..perempuan ga boleh tampil di depan laki-laki untuk bicara… duh, saya jadi sangat mendukung adanya kuota 30% untuk caleg perempuan. Kebayang, kalau tanpa kuota kayak begini, pasti ada aja partai-partai yang melarang perempuan jadi caleg dengan alasan agama. Du..du..du..

Leave a Reply

