[Sharing] Cara Mengajari Kirana Menulis… Novelnya udah Terbit:)

Alhamdulillah… buku Kirana akhirnya terbit juga..

Pengen sharing proses kreatifnya aja..sapa tau berguna…

Jadi gini.. duluuu…saya tuh baca jurnal2nya mba Pungki di US tentang kegiatannya mengajak anaknya mas Imam menulis jurnal.. ya semacam cerita singkat tentang apa saja, misalnya tentang kucing. Nah, saya tuh terinspirasi. Makasih banyak ya mba Pungki, mba berjasa banget buat kami!:D

Dan sejak Kirana bisa membaca (usia 5), saya mengajaknya menulis di laptop (iya, langsung di laptop, soalnya, kalau nulis tangan kan kelamaan, mana waktu itu tulisannya masih belum rapi). Saya bimbing dikit-dikit mendeskripsikan adiknya.

Misalnya:

Adikku namanya Reza

-(saya bilang: ayo coba cerita, pipinya dedek kayak apa?), Rana tulis: Pipinya gemuk

-(saya bilang: ayo lanjutkan, rambutnya gimana?), Rana tulis: rambutnya hitam

-(saya bilang: Rana mau cerita apa lagi?), Rana tulis: alisnya kayak bulan sabit

-(saya bilang: perasaan Kirana gimana?), Rana tulis: aku sayang adikku

Dst…

Nah, lama-lama, kok dia malah suka nulis sendiri di kertas, kadang dibikin buku (beberapa kertas dicepret jadi satu, dikasih cover kertas yg digambarnya sendiri). Isinya..ya awal2nya sih selalu saja tentang adiknya.

Halo Reza. Kamu lucu sekali. Aku sayang sama kamu.”

Trus, sambil jalan, juga saya belikan banyak buku. Sebenarnya kemajuan Kirana lambat banget. Ini karena kemampuan bahasa Kirana yg awalnya rada kacau, di rumah Indonesia, di sekolah Farsi, jadi dia ngomong Farsindonesia :D. Setelah pulang ke Indonesia (apalagi setelah ikut kursus menggambar kreatif di Rumah Pensil), baru ada kemajuan pesat (ternyata ada korelasi antara menggambar-dongeng-menulis).

Apalagi setelah rajin beli buku KKPK, wah, tambah semangat deh nulisnya. KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) adalah buku2 cerita yg ditulis anak2 kecil..keren banget.. ternyata sekarang ini, adanya penulis cilik bukan hal luar biasa.. banyak banget penulis cilik bermunculan. Kata editor KKPK, naskah2 yg masuk tuh membanjir.. Apalagi pembelinya juga banyak, sehingga brand KKPK katanya udah jaminan laku. Keren yah? Coba di zaman saya kecil dulu udah ada KKPK.. kayaknya saya jadi penulis udah sejak zaman dulu deh:D

Lama-lama, cerita yang ditulis Kirana makin bervariasi. Saya pun membimbingnya menyatukan berbagai cerita ini ke dalam satu jalinan cerita utuh yg agak panjang. Triknya, kurang lebih, semacam mengajari plot cerita. (“Si Helen begini…lalu begitu..lalu begini..dst). Akhirnya, Kirana sendiri yg terinspirasi menyusun plot cerita.

Hm.. udah deh, segini dulu sharingnya… Mudah2an bermanfaat.

Pesan sponsor: beli buku Kirana ya..ceritanya rame loh.. hehehe:D

UPDATE: ini buku Kirana terbaru:

kirana avalonia

Advertisements

One thought on “[Sharing] Cara Mengajari Kirana Menulis… Novelnya udah Terbit:)

  1. Pingback: Handwriting untuk Anak « My daily life…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s