Nyanyian Segar untuk Anak Muslim

Kemarin sore saya buka tipi (biasalah, cari-cari berita terbaru soal percicakan), sekilas ngeliat acara tebak-tebakan lagu. Rupanya kali ini pesertanya adalah anak-anak. Tapi mereka tahu/kenal banget sama lagu-lagunya lagu-lagu orang dewasa.

Jaman sekarang, emang udah lumrah anak-anak kecil hafal lagu orang dewasa. Padahal liriknya, namanya juga buat dewasa, tentu saja dimaksudkan untuk orang dewasa. Ketika lirik dewasa itu diulang-ulang, dihafal, dan merasuk ke jiwa.. bisa dibayangkan gimana dampaknya.

Masih ingat dulu WRM juga pernah bikin petisi mengkritik Idola Cilik. Salah satu himbauannya adalah “Mendesak produser acara Idola Cilik di RCTI meninjau kembali konsep acara, terutama dalam pemilihan materi lagu, sehingga melalui lagu dan keseluruhan acara, penonton cilik dapat memperoleh pengetahuan dan pengayaan jiwa sesuai dengan usia mereka.”

Waktu diskusi soal ini, ada yang nyeletuk, abisnya yang beredar di pasaran emang nge-topnya lagu-lagu dewasa itu sih. Jadi wajar aja kalau yang dihafal anak-anak ya lagu-lagu dewasa itu. Harusnya para seniman tuh, bikin lagu anak yang keren..biar anak-anak juga senang… Loh, jadi yang salah seniman yah? Heheheh

Saya mau cerita nih soal VCD terbaru Rumah Qurani. Alhamdulillah saya dapat priviledge untuk menyaksikan versi awalnya (ya, buat dikritisi gitulah, sebelum diperbanyak, sekalian dimintai endorsment). Yang membuat saya takjub adalah kedua anak saya sedemikian antusias menonton VCD berisi lagu-lagu itu dan menyanyikannya dengan semangat (kalau lagunya riang, ya pakai joget juga, hehe). Nada-nadanya emang sederhana dan mudah diikuti anak-anak.

Dan yang lebih membuat saya terharu, adalah mereka gemar menyenandungkan lagu itu bareng-bareng saat tidak sedang nonton VCD sekalipun.

Kenapa sih kita harus sholat?
Sholat itu untuk mengingat Allah
Kenapa sih harus ingat Allah?
Karena Allah sayang kita

Allah ciptakan buah
yang bisa kita makan
Allah beri udara
untuk kita bernafas


Jika engkau sedih, bacalah Al Quran
Bila engkau bimbang bacalah Al Quran
Pahami artinya, temukan maknanya
Tuntunan Allah, bagi kita semua
Al-Quran kitabku, Quran sahabatku

Terlepas bahwa saya juga bagian dari Rumah Qurani, tapi sebagai ibu, saya benar-benar berterimakasih pada Fani dan tim yang udah bersusah payah bikin VCD ini. Bahagia sekali rasanya mendengar anak saya menyenandungkan lirik-lirik lagu yang segar, sederhana, tapi maknanya sangat dalam. Mudah-mudahan hambatan dana yang dihadapi untuk produksi VCD ini bisa diatasi segera ya Fan, amiin..

Cuplikan VCD bisa dilihat di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s