Hati-Hati SMS dari 9339, 9933, 9889, atau entah apa lagi

Selama ini sering dengar-dengar soal sms ga jelas yang menyedot pulsa. Saya dengan bangganya bilang, “Kalau Mentari Indosat enggak tuh, aman!”

Ealaa.. barusan nyadar, ternyata kami (saya dan suami sama pakai Mentari), selama ini kena juga sms yang ngerampok pulsa itu..entah sudah berapa lama kejadiannya, dan kami sama sekali tidak menyadarinya. Saya putuskan nulis di MP, siapa tau ada di antara teman-teman yang ga menyadari perampokan pulsa ini…

Ceritanya, beberapa waktu yll, suami mengeluh, kok pulsanya cepat habis, padahal dia merasa jarang sms dan nelpon. Saya sendiri ga merasa apa-apa, emang sih suka kaget, kok udah habis lagi ni pulsa (kalau ngisi ulang hampir selalu pulsa 50rb). Tapi perasaan emang saya juga sering nelpon dan sms sih.

Nah, akhir-akhir ini, saya juga entah mengapa merasa pulsa saya cepat habis, perasaan aktivitas nelpon dan sms jauh berkurang.

Sore ini, saya ngecek pulsa suami. 19rb sekian. Tiba-tiba masuk sms dari 9339, isinya iklan restoran. Trus, iseng, cek pulsa lagi. Loh, kok jadi 17rb sekian??? Saya cek inboxnya, eh, emang secara berkala ada sms gak jelas dari 9339, 9933.

Akhirnya, saya cek inbox hp saya, ada sms dari 9889, iklan berita Dhani dan Maia (hari gene???!).

Langsung browsing, ternyata ada beberapa onliner yang cerita kekesalan mereka soal sms-sms perampok pulsa. Dari browsing, saya tau, ternyata semua sms itu masuk ke inbox kita karena kita terdaftar ikut layanan sms informasi. Jalan keluarnya, kirim sms UNREG aja. Masalahnya, kami kan GAK PERNAH DAFTAR! Huh, pengen marah deh.

Di sms 9899 yang masuk ke inbox saya (iklan berita Maia dan Ahmad itu!!!), ada no CS-nya, 021-7233465. Saya coba nelpon. Orangnya ramah, dan menjawab baik-baik, “Baik bu, nanti kami unregister”.

Saya karena kesel, menutup pembicaraan dengan begini, “Mba! Ga halal tuh duitnya!”

Dia jawab, “Kami gak akan mengirim layanan sms dan mengambil pulsa ibu kalau ibu tidak melakukan register kepada kami.”

“Saya gak pernah melakukan register!”

“Di sini ada datanya bu, ibu melakukan register tanggal… Kalau tidak percaya tanyakan pada Indosat.” (hey, apa Indosat yang memberikan data-data pelanggan ke perusahaan2 sms informasi ini ya?)

“Tapi saya gak pernah register!” *mulai naik darah*

“Ibu, kalau Ibu mengerti, coba tanyakan Indosat, Ibu itu pernah melakukan register kepada kami..bla..bla…

(saya potong) “Udah deh Mba, kejadian gini udah banyak! Saya gak pernah register dan saya tidak menghalalkan uang saya yang selama ini dirampok!” (matikan telpon).

Tak lama kemudian, masuk SMS dari 9899 itu, “Anda sudah tidak berlangganan layanan 9899”.

Naudzubillah min dzalik, mudah-mudahan kami sekeluarga terhindar dari uang haram kayak mereka itu…

Leave a Reply

