Snorkeling Di Bunaken

Ini foto-foto waktu kami ke Bunaken 25 Januari 2013 yll. Ceritanya neh, Kirana menang lomba menulis “Cerita Tentang Sahabat” yang diadakan perusahaan otomotif DAIHATSU. Kirana menulis tentang persahabatnnya dengan Vania. Ahamdulillah, menang juara 2 (untuk kategori anak), dan hadiahnya trip ke Manado. Vania juga ikut dapat hadiah, demikian pula Mama-nya Vania (dan Mama Kirana juga dong :D). Kami berada di Manado 24-27 Januari. Beruntung, saat kami di sana, cuaca mendukung. Coba kalau hujan, bisa batal tuh acara ke Bunaken karena kalau ombak tinggi, tak ada kapal yang mau membawa turis ke sana.

Pulau Bunaken berjarak sekitar 45 menit dengan kapal motor dari pantai Manado. Pantainya sih nggak oke dan memang bukan itu yang jadi andalan. Andalan Bunaken adalah diving dan snorkeling. Jadi, setelah merapat di pantai Bunaken, para turis dipersilahkan ganti baju (baju renang disediakan, baju renang muslimah pun ada), kaca mata snorkeling, dan sepatu khusus (apa ya istilahnya? sepatu katak kali ya). Sewanya 1 set (baju+kacamata+sepatu) Rp150rb. Tapi kami dibayarin panitia dong 😀 Turis juga bisa menyewa kamera khusus bawah laut sekalian dengan kameramennya. Biaya 35orb. Tapi, bisa patungan ber-12. Setelah semua siap, naik kapal lagi deh, menuju lokasi yang kira-kira nggak terlalu dalam (maksimal 2 meter). Lalu, turun kapal dengan dipandu pemandu khusus. Yang nggak bisa berenang bisa pakai pelampung, yang disediakan kapal.

Tapi, ternyata tak semudah yang saya sangka saudara-saudara. Justru karena pakai pelampung, gerakan rasanya tak terkontrol, diombang-ambing gelombang lautan. Walhasil, saya pun berpegangan terus ke tangga kapal. Beberapa orang yang lain yang grogi juga melakukan hal yang sama daaaan… gubraaak, tangga kapal pun lepas, kami semua terpencar-pencar di laut. Mamah Vania sampai jerit-jerit ketakutan, saya juga, tapi gak parah-parah amat, haha… Untung pemandu segera datang dan memegangi kami (lha sebenarnya kan ga dalam, cuma 1 meter, hohoho, jadi kalau berdiri tidak tenggelam, masalahnya karena pakai pelampung malah susah berdiri). Setelah tangga dibetulkan, kami pun naik lagi ke kapal. Eh.. ga taunya cuma saya dan Mamah Vania yang naik lagi ke kapal, yang lain tetap di laut dan berfoto-foto.  Setelah situasi tenang, saya pun kembali turun ke laut, tapi tanpa pelampung. Ya maen-maen air sebentar deh dan mencoba kaca mata snorkelingnya.

Di bagian yang kami datangi, karangnya nggak bagus-bagus amat. Ikan-ikannya sih lumayan lah… Tapi kalau dibandingkan dengan taman bawah laut yang kami saksikan di perjalanan dengan bottom glass (semacam kotak kaca yang ditaruh di lambung kapal, sehingga penumpang kapal bisa melihat dasar laut yang dilewati kapal) wah..jauh… Yang kami lihat melalui bottom glass emang keren banget, ya kayak di film atau foto-foto itu deh…

Anyway, pokoknya udah kesampaian deh nyebur di Bunaken… Alhamdulillah, thank you Kirana, and thank you Daihatsu 🙂

DSC01073

Menatap laut Sulawesi, menuju Bunaken

DSC01070

Kirana dan Vania, menuju Bunaken

DSC02055

sampailah kami jauh-jauh dari Rancaekek ke Bunaken 🙂

DSC02059

Kirana dan Vania berani ke tengah

 

DSC02063

Mama di dekat-dekat kapal aja ya..tatuut..

DSC08476

Kirana di bawah laut

DSC08477

Beruntung pas difoto ada ikan lewat 🙂

DSC02070

Kirana dan Vania selesai snorkeling

DSC02071

Aseek..berhasil juga snorkeling..:)

DSC01077

Makasih ya Rana cinta, berkat dirimu Mama nyampe juga ke Bunaken..:)

DSC01079

Belanja kaos-kaos dan handycraft di Bunaken, murah n bagus, nyesel beli di sini cuma sedikit, pas di Manado ternyata harganya lebih mahal (mungkin kebetulan aja toko yang kami datangi -diatur panitia- di Manado emang toko mahal).

8 thoughts on “Snorkeling Di Bunaken

  1. Pingback: Trip To Manado « My daily life…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s