Syuting Video Klip

Saya mengelola sebuah TK sangat-sederhana di kompleks rumah saya, di pinggiran Bandung. Salah seorang guru pinter nyanyi dan bikin lagu. Karena lagu-lagunya keren (berdasarkan ayat-ayat yang diajarkan dengan metode Rumah Qurani), akhirnya kami seriusi, membuat musiknya (diorder ke pemusik profesional), dan rekaman suara vokalisnya (Kirana dan sepupunya, Fadli, tapi direkayasa dengan digital sehingga terdengar rame-rame yang nyanyi).

Prosesnya lama sekali karena keterbatasan waktu dan dana. Kadang Fadli yang macet, kadang Kirana yang males-malesan. Kadang udah siap mau rekaman (di rumah saja merekamnya, kebetulan suami saya menguasai hal-hal seputar merekam suara), eeeh.. hujan, batal deh karena suara akan terdengar berisik.

Lalu, kemarin giliran syuting video klip (produksi video klip ini bekerjasama dengan HIMPAUDI Jabar). Benar-benar pengalaman seru buat kami. Syuting dilakukan di sebuah perumahan elit yang luas dan asri, sehingga anak-anak bawaannya mau kabur aja berlari ke sana-kemari. Untungnya orang dewasa yang mendampingi ada 10. Eh, anaknya berapa gitu? Cuma 12 anak, hehehe..

Awalnya, saya hanya minta kameramen merekam secara simple (anak nyanyi rame-rame sampai selesai dan direkam begitu saja). Si kameramen muda dengan senyum geli menjawab, “Bu, itu namanya bukan bikin video klip, tapi itu syuting live…bla..bla.. (menjelaskan bagaimana seharusnya).” Saya bengong. Untung ada kak Andi Tegar, pendongeng dan trainer menggambar dari SANITASI (yang sebenarnya diundang datang untuk disyuting saat mendongeng). Dia mengambil alih kepemimpinan dan langsung menyutradarai syuting. Yah, segala sesuatu memang harus diserahkan pada ahlinya. 🙂

Kata si kameramen, kalau syuting yang ‘normal’ , satu lagu bisa menghabiskan waktu dua hari, bahkan bisa berhari-hari, dengan banyak kamera. Wow. Tapi karena ini anak-anak kecil, kami mengaturnya supaya hanya memakan waktu setengah hari. Kalau dihitung, total masa syuting hanya 3 jam. Sisa waktu diisi oleh makan-makan dan main-main, berlari ke sana-sini. Suasana di kompleks itu emang asyik  banget. Serasa sedang liburan ke manaaa.. gitu…

syuting

Reza-paling kiri, meski sdh lulus TK, tetep ikut syuting *nepotisme 😀 Kak Andi Tegar berdiri di sebelah kameramen

syuting2

gayanya anak-anak nggemesin banget

syuting3

di halaman TK di kompleks elit tersebut, beda banget dengan TK sendiri 🙂

syuting5

kru di balik layar, mulai sutradara, kameramen, fotografer, pemandu gaya, dan teknisi suara..heboooh…:D

syuting6

pas syuting di sini, anak-anak mulai cemberut; bukan karena capek tapi karena bosen; mereka lebih tertarik berlari-lari sambil tertawa-tawa, sampai jauh… banget, menyusuri sungai buatan di kompleks itu

Advertisements

2 thoughts on “Syuting Video Klip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s