Jalan-Jalan Di Pantai Padang

Saya lahir di Semarang, tapi kemudian usia 9 tahun pindah ke Padang, sampai SMA. Lalu lulus SMA, kuliah di Bandung..nikah..ke Iran..balik lagi ke Bandung. Nah, selama itu saya tidak terlalu menyukai pantai. Panas. Saya suka pegunungan.

Tapi, ketika Reza usia 4 tahun (atau 5 thn ya? pikun ih), terjadi perubahan besar. Waktu itu kami mudik ke Padang, dan Reza seneeeeng banget main di pantai. Gayanya all out banget, bahkan buka baju dan minta dikuburin setengah badan di pasir. Kirana juga penuh semangat membuat istana pasir. Lalu kami naik kapal ke pulau nggak jelas, berkat terbujuk rayuan tukang perahu di pantai Gandoriah, Pariaman. Pulau itu kecil, kosong aja, tapi pasirnya putih, dan bisa dibilang ga ada ombaknya. Wow, menyenangkan banget deh. Kami bertahan 3 jam di situ, ditungguin tukang perahu yang bete. Pengunjung lain cuma 10 menit foto-foto, lalu naik perahu lagi ke pantai. Tapi kami, main sepuasnya… muka sampai gosong, hiks.. berhari-hari baru sembuh dengan pakai masker bengkoang…

Sejak itulah saya jatuh cinta pada pantai. Saya rindu pulang ke Padang, untuk main ke pantai. Sama, anak-anak saya juga sangat merindukan pantai.

Lebaran 2013, kami ke Padang lagi, dan tentu saja, ke pantai lagi. Mulai dari pantai di belakang rumah (jalan kaki saja 10 mnt dari rumah ortu saya), pantai Padang, pantai Gondoriah (lagi!), dan pantai Air Manis. Pantai Gondoriah sayangnya rameeee.. banget, baik oleh pedagang maupu pengunjung. Mungkin karena suasana lebaran. Jadi kami nggak ke pulau ‘gak jelas’ itu deh, males.

Yang berkesan banget itu pantai Air Manis. Di pantai ini ada batu Malin Kundang (yah patung semen seadanya gitu deh..,). Yang bikin berkesan itu ombaknya lembut karena pantainya sangat landai, jadi saya nggak kuatir membiarkan Reza main hingga agak ke tengah. Sayang, pasirnya keras dan lengket (apa ya, istilahnya, pokoknya susah digali pake sekop utk bikin istana pasir; nggak kayak pasir biasa). Tapi pokoknya saya senang sekali sama pantai yang satu ini. Romantis suasananya. Sayang si akang sudah pulang duluan ke Bandung, jadi ga ikut ke pantai ini.

Berikut beberapa fotonya:

pantai1

di pantai belakang rumah, melihat nelayan menarik jala berisi ikan plus sampah

naik sepeda di pantai Padang (sewa Rp10.000/10 mnt)

naik sepeda di pantai Padang (sewa Rp10.000/10 mnt)

di pantai malin kundang

Pantai Air Manis

pantai malin kundang

Pantai Air Manis

pantai malin kundang

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Leave a Reply

