All of Me

Ini sekedar cerita tentang hari kemarin kami, 30 Juli. Hari ulang tahun saya. Pagi-pagi, Reza sudah menyerahkan kado, dari Papa, Rana, dan Reza. Seperti biasanya, hiks, kado dari mereka selalu saja salah. Pengen nangis deh. Kali ini, mereka beliin baju motif bunga-bunga warna pink. Bagus sih. Tapiiii..ukuran 3L ! Gubraks. Apalagi, pas liat harganya (mereka lupa merobek tempelan harganya), glek, pengen banget ngomel, “mendingan duitnya kasih aja ke mama!” Di telpon, saya mengeluh ke adik saya. Dia tertawa terbahak, “Berarti di mata mereka Mbak itu gendut bangeeet!” Hwaaaa…. (Info: saya masih cukup kalo pake baju ukuran M)

Positive thinking: yang penting mereka ingat ultah saya, mereka mencintai saya… dan that’s enough for me 🙂

Siangnya, kami berangkat pulang ke Bandung (cerita di atas setting-nya di rumah mertua, di Majalengka). Di mobil, selain kami sekeluarga, ada adik ipar dan dua ponakan saya. Saya dan adik ipar ngobrol ke sana-sini. Tiba-tiba, Rana dan sepupunya nyanyi-nyanyi sambil dengerin lagu di tablet. Saya rasanya sudah berulang-ulang mendengar mereka menyenandungkan lagu itu, jadi penasaran.

“Lagu apa sih itu?” tanya saya.

Ga taunya, itu lagunya John Legend, All of Me. Saya dengarkan dengan seksama liriknya.  Cinta-cintaan. Saya ngomelin anak-anak, itu kan lagu orang dewasa.

Trus saya dan adik ipar mulai membahas anak-anak sekolah jaman sekarang yang sudah mulai melupakan lagu-lagu nasional. Apalagi, ada kecenderungan, sebagian sekolah-sekolah berlabel Islam tidak lagi mengadakan upacara di sekolah (apalagi lagu-lagu nasional), bahkan menolak Pancasila sebagai dasar negara yang bisa menyatukan semua agama, ras, dan golongan. Padahal, nasionalisme itu kan penting banget. Gimana bangsa kita mau maju kalau rasa cinta tanah air ga dipupuk sejak kecil? Duh, saya jadi agak merasa bersalah nih. Reza (karena sejak kelas 1 SD homeschooling) ga hafal lagu Indonesia Raya, ga hafal teks Pancasila dan lagu-lagu nasional. Saya terlewat memasukkannya dalam jadwal pelajaran Reza.

Ujung dari obrolan kami adalah.. nyanyi bareng! Adik ipar saya, ponakan saya, Rana, dan papanya, bersuara merdu. Mereka dengan bersemangat menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Halo-Halo Bandung, Hari Kemerdekaan, Maju Tak Gentar, dan Garuda Pancasila (dan tertawa terbahak-bahak saat ponakan saya melafalkan frasa ‘pribadi bangsaku’ menjadi ‘pribang pribangsaku’… hahaha.. ini kayaknya kesalahan sejak zaman dulu ya.. dulu saya waktu SD juga salah sebut begini wkwkw). Dalam hati saya berjanji akan mengenalkan lagu-lagu nasional kepada Reza dan berusaha menumbuhkan rasa cinta kedua anak saya pada Indonesia.

Tak terasa, perjalanan 3 jam yang penuh nyanyian itu pun berakhir, kami sampai di rumah dengan selamat.

Di rumah, dengan nada protes dan ‘ambil kesempatan’, saya bilang “Pa, sebenarnya Mama tuh pengennya kado anting-anting emas. Soalnya anting Mama kan patah.”

Si akang (mungkin karena merasa bersalah atas insiden baju 3L itu), langsung mengiyakan. Oh.. oh..   all of me is yours, Sir.

*istri mata duitan* :p

4 thoughts on “All of Me

    • mangga.. 🙂
      ini Nita yang di HK? itu juga foto nemu di internet, tapi diedit dikit pake photoshop (lupa nulis sumber foto)
      –> foto sy hapus ya nit.. browsing aja, pasti ketemu foto aslinya

Leave a Reply

