Ke Jogja Lagi….

Saya jatuh cinta pada Jogja sejak pertama kali mengunjunginya. Kota ini eksotis banget. Pertama kali saya ke Jogja itu tahun 1996 (atau 1995 ya? lupa), bersama teman-teman sekelas waktu kuliah S1.

taman sari jogja 1995

ki-ka: Isfand, Dina, Hasan (alm), Nita, Agus

Lalu, kedua kali tahun 1997, bersama Papi, untuk mencari bahan skripsi (mengetik kalimat ini, saya jadi terharu dan rindu banget sama Papi. Inget beliau jauh-jauh dari Padang mengantar saya kuliah ke Bandung, trus karena saya nangis pada hari pertama penataran, Papi langsung menawarkan agar saya pulang saja ke Padang dan kuliah di swasta saja. Tapi darah perantau saya lebih kuat daripada kemanjaan saya. Jadi, saya tetap bertahan di Bandung, meskipun sedih banget rasanya berpisah dari ortu. Enam tahun kemudian, saya dapat beasiswa S2 di Univ Teheran, saya juga sempat nangis-nangis di masa-masa awal, pingin pulang ke Padang (padahal ke Iran-nya berdua suami, dan dia benar-benar kebingungan saat saya nangis itu :D).

Kali ketiga, alhamdulillah, saya ke Jogja lagi bersama suami dan dua anak, April 2014. Awalnya kami ke Salatiga dulu untuk mengikuti camping FESPER (Festival Pendidikan Rumah), yang karena kesibukan, tak sempat saya tuliskan cerita serunya di blog. Pokoknya seru banget deh, bertemu dengan sesama keluarga yang meng-homeschooling-kan anak-anak mereka, dapat semangat baru dan inspirasi baru.

Lalu… dari Salatiga, lanjut ke Jogja deh, dianter dengan mobil oleh adiknya teman kami. Di jalan, sempet mampir ke Borobudur. Ceritanya juga panjang dan seru, entah kapan bisa dituliskan. Karena sudah capek camping, saya minta ke si Akang agar kami menginap di hotel yang mentereng. Kalau nginep di losmen sederhana, kan apa bedanya sama rumah sendiri :D. Awalnya, kita mau mengambil dua kamar, saya berdua suami; Rana bareng Reza. Tapi Reza mendadak ngadat, maunya tidur sama saya, sudah dibujuk sampai lama, ga mempan juga. Yaelah… kalau gitu ya mending nyewa satu kamar aja, tidur berempat rame-rame. Si Akang jadi agak-agak kesel gitu ๐Ÿ˜€

Besoknya, kami jalan-jalan. Standarlah, Taman Pintar, naik becak keliling kompleks keraton, belanja batik, Parangtritis. Kalau buat saya, semuanya menyenangkan. Tapi yang paling berkesan itu saat kami makan di sebuah restoran di kompleks Keraton, yang menunya adalah menu raja keraton. Waduh namanya lupa. Saya browsing barusan, ga ketemu (kalau ada pembaca yang tau nama restoran ini, info ya). Makanannya enak bangeeeet…! (Belum pernah saya memuji-muji makanan Jawa kayak begini.) Tapi harganya memang bikin tepok jidat untuk ukuran backpacker, wkwkwk. Ini salah satu menu yang kami pesan:

makanan keraton

bagian dalam restoran, rumah tua keluarga keraton

bagian dalam restoran, rumah tua keluarga keraton

Sampai suatu hari, datang satu paket buku hadiah dari seorang teman. Buku-buku ini terbitan Badan Geologi Bandung.

buku terbitan badan geologi

Isinya foto-foto indah alam Indonesia, yang membuat Kirana dan Reza terpekik-pekik kagum dan spontan berkata, “Ayo kita ke sini Maaaa…!” Waah.. kalau ada waktu dan duitnya ya dijalanin semua deh… saya juga terkagum-kagum melihat betapa indahnya Indonesia dalam foto-foto itu.

Alhamdulillah, ada tawaran ikut trip ke Jogja bersama komunitas Muslimah Backpacker… dan, di antara yang dikunjungi adalah situs-situs yang ada di buku-buku itu! Waduh, anak-anak semangat banget (terutama Reza). Sejak jauh-jauh hari dia sudah merancang, tas apa yang mau dibawa, apa saja isi tasnya, dll. ๐Ÿ™‚

Acaranya masih 17 hari lagi (yang berminat masih bisa gabung lho. Bisa kontak langsung ke tim trip MB atau founder MB (hp085722256562).) Saya browsing-browsing mengumpulkanย  foto-foto antara lokasi yang akan dikunjungi dalam Trip MB ke Jogja ini (biar anak-anak tambah ga sabaran sehingga mereka bakal lebih semangat menempuh perjalanan jauh naik kereta :D)

air terjun sri gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Sumber foto: Kompasiana

Air Terjun Jogan

Air Terjun Jogan

Sumber foto: pesonawarnaindonesia.blogspot.com

Gua Pindul Jogja

Gua Pindul Jogja

Sumber foto: tipswisatamurah.com

Snorkeling di Pantai Nglambor

Snorkeling di Pantai Nglambor

Sumber foto: www.temantour.com

Sunrise di Telaga Embung

Sunrise di Telaga Embung

Sumber foto: Hipwee.com

Telaga Embung

Telaga Embung

Sumber foto; tipsjalan.com

Dan masih ada yang lain.. tapi ga ada waktu lagi buat upload. Segini cukuplah buat bikin Rana dan Reza ter-wow-wow. Selain itu akan ada kegiatan membersihkan pantai (ngumpulin sampah dalam rangka Hari Bumi), melepas tukik, snorkeling, kunjungan ke panti asuhan dengan membawa buku-buku untuk anak-anak, dll. Wah, cocok banget aktivitasnya nih buat anak-anak. Semoga kami diberi kesehatan supaya bisa kesampaian ikut trip ini. Amin. Ehm, mengingat kegiatannya yang bakal padat, saya kayaknya musti rajin ikut fitness lagi setelah lama absen nih ๐Ÿ˜€

Advertisements

14 thoughts on “Ke Jogja Lagi….

  1. Waaah.. Jogja memang selalu membuat rindu syahdu ya Mbaa… Saya kesana 2 kali solo travelling Mba, seru! Oh ya, itu restoran Angkringan Pendopo Ndalem bukan Mba? Yang rasanya homy, dan kekenyangan cuma bayar 30rb hehehe. ๐Ÿ™‚

    • Bukan mba Milta.. kalau disebut namanya, insya Allah saya inget, tapi bukan Angkringan Pendopo… Justru kebalikan, ini muahal buat kantong kami, ratusan ribu habisnya hehe

  2. Wuiiih, foto Uni jaman kuliah sampai sekarang tidak berubah ya ๐Ÿ™‚ Imuuut ๐Ÿ™‚

    Makasih tuk blogpost-nya Ni ๐Ÿ™‚

    Main-main ke blogku juga Ni, sekarang Alhamdulillah rajin update ๐Ÿ˜€

  3. Assalamualaikum bunda..apa kabarnya?Saya dari Malaysia..saya juga baru ke Jogja minggu lalu..bunda, saya meminati tulisan bunda..gimana saya bisa langsung untuk berhubung sama bunda?Bunda ada akaun Facebook apa enggak?Boleh saya dapatkan e-mel bunda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s