Sehari Kemarin (2)

gs1

sumber foto: grup WA

Sehari kemarin, saya ngebolang lagi sendirian di Jakarta. It’s a kind of me-time, meski kata si Akang saya tuh terlalu banyak me-time-nya, haha.

Tujuan utama sebenarnya nonton pagelaran teater Gatotkaca Stress di gedung Usmar Ismail. Acaranya jam 19.00, tapi saya berangkat dari rumah jam 10-an, dianter si Akang dan anak-anak ke tol, tempat naik bis Primajasa. Mereka mau lanjut cari sepatu dan makan siang.

Jam 11-an, bis meluncur ke suatu tujuan, lalu saya turun di suatu tempat, lalu naik ojek ke suatu tempat, untuk ketemuan dengan seseorang. Haish, rahasia-rahasiaan begini yak. Masalahnya ini sensi sih, terkait pilkada di Jakarta. Hahaha, saya mau bikin penelitian kecil-kecilan, buat diri sendiri, membuktikan bagaimana media mendistorsi informasi.  Kesimpulan yang saya dapat, eh bener, ada media sialan yang mendistorsi berita. Udah gitu aja ya ceritanya. Mungkin suatu saat ditulis lengkapnya, kalau perlu.

Jam 17.45-an saya cari ojek lagi, meluncur ke Usmar Ismail. Wah, jam segitu macetnya… Untung si abang ojek lincah banget. Saya nyampe jam 18.15. Cepet-cepet nukerin e-tiket dengan tiket beneran, dapat goodie bag n voucher jutaan rupiah (potongan harga kalau ikut  berbagai pelatihan dari para coach n trainer), buku Inspiring Moms (ini khusus untuk yang beli tiket kelas Yudistira dan Arjuna) dan sebotol kopi. Lalu, buru-buru ke mushola untuk sholat.

Jam 19 lebih beberapa menit, teater dimulai. Wah, puas deh ketawa-ketiwi. Lucu-lucu banget, dan joke-joke yang dipakai juga terasa familiar karena saya sudah kenal sama salah satu coach yang berperan sebagai Puntadewa (pak Pras) dan ikut grup WA-nya. Para pemain meski baru pertama kali main teater, tapi mungkin karena berpengalaman jadi trainer (biasa bicara di depan umum), jagoan juga memanfaatkan situasi untuk melemparkan candaan ketika mereka bikin kesalahan. Misalnya, lupa dialog, malah akhirnya dibecandain, “Apa pak, lupa ya, dialognya?”. Atau teknisi sound yang telat membunyikan musik pengiring nyanyian sehingga penampilan sempat agak kacau, si pemain spontan bilang bergaya mengancam, “Ayo ulangin musiknya! Nih aku bawa pisau nih!” Dan berbagai kelucuan-kelucuan lainnya yang terjadi sengaja maupun tidak sengaja.

Inti kisahnya begini… Kerajaan Amarta tuh lagi banyak banget masalah, jadi Raja Puntadewa (diperankan Prasetya M. Brata) dan Pandawa Lima (diperankan coach Harry Firmansyah, Wenddy Mikael, Rahmat Susanto, Hendra Gunawan) mau semedi dulu. Selama masa kekosongan pejabat, tahta raja diserahkan ke Gatotkaca (diperankan Andra Donatta) yang ditampilkan berkarakter anak mami gitu deh, lucu banget. Dia pun stress melihat banyak sekali masalah di kerajaannya, misalnya , produk dalam negeri yang memble, kalah sama produk luar, bisnismen jahat, buruh yang sengsara lalu berdemo, politisi yang ga bener, keluarga-keluarga yang tercerai berai, sistem pendidikan yang rusak, dll.

Atas saran Pandita Bisma (diperankan coach Jamil Azzaini), Gatotkaca kemudian meminta saran dari Dewa-Dewi kahyangan, dan menemukan jawaban bahwa pada hakikatnya semua masalah harus dicarikan solusinya dari dalam diri sendiri. Sikap mental menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Nah, bagian ini khas banget program pelatihan neuro-semantic-nya pak Pras. Seorang pemimpin bagaimana akan dipatuhi oleh rakyat bila dia sendiri tidak patuh pada dirinya sendiri, tidak taat janjinya sendiri, tidak mendengar nuraninya sendiri? Inilah ‘revolusi mental’, perbaikan sebuah bangsa tidak akan terjadi bila mental tiap individu tidak diubah dulu menjadi lebih baik.

Nah demikian ceritanya… Kabarnya bakal ada DVD-nya, kita tunggu saja.

Lalu, pulang, lagi-lagi naik ojek ke pool primajasa Cililitan. Alhamdulillah seharian ini dapat 3 tukang ojek yang baik-baik.Alhamdulillah, dapat bis, yang terakhir pula. Jam 1.30 dini hari, nyampe di Bandung, dijemput si Akang. Nah ini yang ALHAMDULILLAH banget… makasih ya yang…for everything.

2 thoughts on “Sehari Kemarin (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s