[Parenting] Membeli Karya Anak

IMG20170604115046
Sharing sedikit lagi ya, semoga ga bosen. Karena di status sebelumnya mengutip Stephen King, saya teringat bahwa King waktu kecil rajin menulis dan tulisan itu ‘dibeli’ oleh ibunya.
 
Ini saya copas dari tulisan lama saya. King dalam buku “Stephen King on Writing”, menulis, “Punya seseorang yang mempercayaimu dapat membuat perubahan besar. Mereka tak harus menyusun pidato. Hanya percaya saja biasanya sudah cukup.”
 
King adalah penulis lebih dari 30 buku best-seller (yang diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia) ternyata bukan seorang yang melewati masa kecil secara ‘normal’. Ibunya single parent dan mereka sering pindah-pindah tempat tinggal. Namun, King bisa tumbuh menjadi penulis besar karena ternyata ibunya SANGAT menghargai tulisan-tulisannya. Tulisan King kecil diapresiasi ibunya (bahkan ibunya membeli karya King kecil seharga 25 sen untuk tiap cerita).
 

Selama bertahun-tahun masa awal pernikahannya, King ngos-ngosan mencari nafkah, termasuk dengan bekerja kasar jadi pegawai laundry. Tapi dia tetap menulis. Dan yang sangat membantunya: istrinya tak pernah mencela, bahkan terus mendorong King untuk menulis.
 
Ada pelajaran luar biasa yang saya ambil dari kisah ini: penulis besar bisa lahir bila ada orang-orang terdekat yang percaya padanya.
 
Nah.. ini bisa dipraktekkan untuk bidang-bidang selain menulis. Kuncinya adalah apresiasi dan kepercayaan. Kami mempraktekkan ‘membeli karya anak’ ini pada Reza. Karena dia lebih tertarik pada pembuatan film, selama Ramadan ini dia dapat ‘proyek’ dari kami, yaitu membuat film-film pendek yang isinya menceritakan ayat-ayat akhlak.
 
Untuk itu, dia membuat skrip, jadi sutradara, dan meng-hire kakaknya untuk jadi videographer, serta sepupunya untuk jadi bintang filmnya. Untuk editing dan after-effect, Reza sendiri yang mengerjakan.
 
Ini memang proyek anak-anak, hasilnya juga mungkin ‘amatiran’. Tapi yang terpenting, belajar dari King, kami percaya dan mengapresiasi.
 
Tunggu film-film pendek buatan Reza ya 🙂
 
Foto: syuting film di teras rumah

 

Advertisements

One thought on “[Parenting] Membeli Karya Anak

  1. bagus banget postingannya, makasih mbak Dina… saya berharap semoga bisa meniru (menerapkan) pada anak-anakku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s