Panen Eco Enzyme

Saya lalu curhat ke teman yang banyak banyak belajar soal terapi alternatif. Beliau langsung jawab, “Itu kemungkinan karena radiasi, mbak Dina kan sering pakai laptop. Pakai eco-enzyme saja.” Saat itu saya baru dengar yang namanya eco-enzyme (EE). Saya pun belajar cara membuatnya dan langsung membuat. Intinya sih: air 3 L + gula merah 300 gr + kulit buah-buahan 900 gr. Pilih kulit buah yang aromanya segar (nenas, jeruk). Lalu, campuran ini dibiarkan selama 3 bulan.

Kisahnya bermula 3 bulan yang lalu, saya cek ke lab, ingin tahu mengapa sering pusing. Pusingnya tuh agak aneh, paling terasa di sekitar mata dan saya jadi sensitif cahaya. Selama dua hari yang saya lakukan cuma tiduran (memejamkan mata), lalu akhirnya sembuh sendiri. Hasil lab (kolesterol, asam urat, gula darah, tekanan darah, dll), semuanya normal saja.

Tapi, karena pusingnya “sekarang”, masa nunggu EE-nya jadi 3 bulan lagi? Jadi, saya beli EE di toko online, lalu saya taruh di dekat laptop. Alhamdulillah, memang sejak itu saya tidak pernah “tumbang” lagi. Kejadian saya harus tiduran karena pusing parah selama 2 hari, ga bisa ngetik di laptop, tidak terjadi lagi.

Kebetulan, karena bertepatan dengan pandemi, saya juga di masa-masa tersebut rajin jalan pagi, kena cahaya matahari. Jadi wallahu a’lam ya, penyebab utama kesembuhan saya tuh yang mana.

Saya google di beberapa artikel ilmiah, memang ada yang menyebutkan bahwa radiasi elektromagnetik dari laptop memunculkan keluhan kesehatan. Tapi apakah EE bisa bikin radiasi itu berkurang, belum ketemu artikelnya. Cuma, saya dapatkan video di Youtube dan facebook, ada orang-orang yang membeli alat ukur radiasi elektromagnetik dan saat botol EE didekatkan ke alat elektronik, angkanya memang berkurang jauh. Jadi, ya percaya atau tidak, terserah saja.

Alhamdulillah EE yang saya buat 3 bulan yll baru dipanen. Ini penampakannya setelah disaring. Kulit buah-nya sudah ditaruh di pot-pot bunga (sebagai pupuk). Cairan EE ini wangi, sama sekali tidak bau sampah atau pupuk. Bahannya kan memang bersih, kulit buah yang kami konsumsi sehari-hari. Itu pun yang dipilih buah-buah yang wanginya segar (jeruk, nenas).

Manfaatnya, sangat banyak. Bisa dicampurkan dengan sabun cuci piring, atau sabun cuci baju, atau cairan pembersih lantai (dengan takaran tertentu ya, bisa digoogle saja). Bahkan bisa dijadikan sampo dan sabun mandi. Artinya, kita mengurangi penggunaan deterjen yang sebenarnya merusak lingkungan. Secara keuangan juga semakin mengurangi bujet pembelian sabun.

Manfaat lainnya, kalau disemprotkan ke udara, selain jadi desinfektan, juga menghalau nyamuk, jadi tidak perlu pakai obat nyamuk kimia buatan pabrik. Bisa juga disemprotkan ke tanaman, supaya tumbuh subur.

Di Indonesia ini ternyata ada komunitas-komunitas EE. Ada yang membuat EE dalam skala besar, lalu dituangkan ke sungai/got, sehingga lambat laun terjadi proses penjernihan air sungai/got. Di masa pandemi ini, komunitas EE di Bandung membuat larutan desinfektan EE lalu menyemprotkannya ke pasar dan perumahan. Di Padang, ada komunitas yang digagas dosen-dosen Unand, yaitu Koperasi Mandiri dan Merdeka (KMDM), yang juga mengenalkan pembuatan EE kepada masyarakat.

Intinya sebenarnya, gerakan membuat EE ini adalah gerakan menjaga bumi. Tapi manfaatnya juga bisa dirasakan langsung secara finansial (penghematan biaya beli sabun, misalnya).

—–

*video menarik seorang tokoh pelopor EE asal Malaysia, Dr. Joean Oon (berbahasa Inggris): https://youtu.be/E9E_GQypMUA

**manfaat dan cara membuat EE: https://sustaination.id/manfaat-dan-cara-membuat-eco-enzyme-di-rumah/

***video orang yang mengukur tingkat radiasi: https://www.youtube.com/watch?v=MxrETF2yuIQ

ini wordpress mengubah cara uploadnya, bikin pusing.. saya tidak menemukan cara untuk upload foto 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s