[Parenting] Ibu yang Multitasking

Guru parenting saya pernah bilang bahwa perempuan memang punya struktur otak yang khas sehingga mampu ber-multitasking. Misalnya, dia mampu menulis analisis konflik Timteng, lalu update blog, sambil bikin paper tugas kuliah, dan pada saat yang sama bisa mendongeng cerita buat anaknya, nyuci baju, sambil mikirin menu makan malam yang harus segera dimasaknya *lho ini sih gw banget yak*. Tapi, kemudian ada artikel saya baca, bahwa multitasking itu buruk dan sama sekali tidak efisien. Saya sempat bingung: apa saya musti full ngurus anak aja ya.. apa lebih baik pensiun jadi blogger/penulis aja ya…? Akhirnya kemarin saya baca lagi artikel lain, yang sangat bagus, yang menjelaskan seperti apa itu multitasking yang buruk, dan bagaimana cara ‘menyembuhkan’-nya.

Ternyata yang buruk itu adalah melakukan semua hal di WAKTU YANG SAMA. Misal, update blog sambil buka fb dan email, dan sambil nyuapin anak. Bahkan perilaku seperti ini bisa merusak struktur otak kita. Menurut peneliti dari Stanford, “multitasking splits the brain. It creates something researchers have called “spotlights”. So all your brain is doing is to frantically switch between the activity of eating, to writing an email, to answering chat conversations.”

Nah, kesimpulan saya sendiri: kalau fokus nulis paper selama anak tidur (atau sedang asyik main bersama temannya), lalu fokus baca buku cerita bersama anak, lalu fokus di dapur (lebih baik lagi bila melibatkan anak di dapur, daripada membiarkannya sendiri main game/nonton), sehingga semua bisa diselesaikan dengan baik, nah itu sih bukan multitasking yang buruk, tapi mengefektifkan waktu dan potensi diri. Dan yang terpenting buat ibu tentu saja anaknya. Analisis dan update blog bisa menunggu (atau bahkan diabaikan), paper bisa ditunda (apalagi kalau dosennya baik hati), tapi, waktu yang dilalui anak tanpa perhatian penuh dari ibunya, tidak bisa terulang lagi. *reminder for myself*

Ini artikel yg saya maksudkan: http://blog.bufferapp.com/what-multitasking-does-to-our-brains

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s