Gulai Ayam Daun Mangkokan

Masakan yang satu ini kenangan masa kecil saya. Lamaaa sekali saya mengimpikannya. Waktu itu saya masih SD, lalu datang ke rumah adiknya nenek dari pihak ibu, bersama-sama kerabat yang lain, kalau tidak salah dalam rangka liburan. Kalau saya tidak salah juga (sudah lama banget soalnya), itu terjadi ketika saya dan ortu masih berdomisili di Semarang. Rumahnya adiknya-nenek (alm) itu di kota Payakumbuh, sekitar 3 jam dari Padang.

Nah, beliau (alm) menyediakan masakan itu, gulai ayam dengan irisan daun mangkokan. Rasanya enak banget. Sampai puluhan tahun, sampai usia saya sekarang 46 tahun, masih teringat enaknya. Saya baru sekali makan gulai seperti itu dan tidak pernah lagi.

Sampai berbulan-bulan yang lalu, gara-gara pandemi, saya jadi suka mantengin Tokopedia, dan beli-beli tanaman. Eh, nemu tanaman daun mangkokan ini. Beli deh. Alhamdulillah tumbuh sampai sekarang, cuma pertumbuhannya terasa lambat dan daunnya ga terlalu kayak mangkok, aneh juga.

Lalu, baru hari ini bisa dieksekusi masaknya. Kenapa perlu waktu selama itu? Ya begitulah adanya…

Alhamdulillah, enak banget. Rana juga memuji enak banget dan nambah makan. Yes, ternyata saya bisa juga masak yang agak rumit begini.

Resep, tentu saja, nanya di Google dan menemukan resep ini.

Alhamdulillah alaa kulli haal…

One thought on “Gulai Ayam Daun Mangkokan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s