RESEP

Pindahan resep dari blog Multiply

Membuat Sendiri Susu Kedelai Feb 20, ’10 9:18 AM
for everyone

Category: Other
Description:
Ya ampuuun.. terakhir kali saya posting resep tuh 21 Okt 2007… benar2 pemalas masak nih:)
sebenarnya masak sih jalan terus..cuma emang ga ada yg menarik untuk diposting..jadi yah biarlah dinikmati sendiri…Kali ini saya mau sharing sesuatu yg bermanfaat (mudah2an). Saya baru tahu kalau bikin susu kedelai sendiri tuh gampaaaang.. banget. Seorang dokter ngasih tau saya bahwa kalsium susu sapi sebenarnya sangat sedikit, jadi sumber kalsium sebaiknya dicari dari sayuran dan kacang2an, salah satunya susu kedelai.

Trus, tetangga saya ngasih tau cara bikinnya. Mau coba?

Ingredients:
Bahan: kedelai (satu cangkir kedelai bisa jadi 4-5 gelas susu), gula (sesuai selera), air hangat (1 liter untuk 1 cangkir kedelai), daun pandan, jahe (optional)

Directions:
Kedelai satu cangkir direndam sekitar 5 jam. Lalu masukkan ke blender, tambahkan air satu liter, blender sampai halus. Disaring (dan diperes sampai airnya habis) dengan menggunakan kain kaos. Lalu rebus sampai mendidih, kasih gula dan daun pandan (tambah jahe juga kalau mau). Siap diminum deh. Lezaaat… alami… bergizi… gak pakai zat kimia apapun…:)

Oleh2 Lebaran: Es Campur Tape Ketan Item Oct 21, ’07 6:06 AM
for everyone

Category: Desserts
Style: Other
Description:
Pulang kampung lebaran ke Jatiwangi, bawa ketan item dan mangga muanisss banget. Diapain ya..Iseng2, dibikin es campur aja deh, ternyata enak jg:) Inspirasinya datang dari resep di blognya Mbak Mamiek.

Ingredients:
Tape ketan hitam
Mangga diiris kotak2 kecil
kelapa muda, dagingnya aja
santan kental, direbus pake garam dikit
sirup gula (gula pasir direbus dgn air dikit)
es batu

Directions:
susun2 bahan di gelas, lapis pertama tape ketan item, lalu daging kelapa muda, lalu mangga, disiram dgn sirup gula, taruh es batu, terakhir, siram dgn air santan kental.

Enak deh,pokoknya ..segeeeerrr….

Hot Apple Pie With Ice Cream Apr 7, ’06 6:56 PM
for everyone

Category: Baking
Description:
Ini menu favorit setiap kali saya dan suami ‘pacaran’ di sebuah cafe langganan kami. Sekarang, tiba-tiba pengen makan kue ini lagi, tapi masa harus ke cafe dengan perut gendut begini?! Gak pede euy 😀 Apa boleh buat, terpaksa deh, ngobrak-abrik internet lagi untuk nyari2 resep dan nemu di sini. Dengan dibantu oleh asisten cilik setia yang emang hobi berat ngulenin adonan kue (a.k.a Kirana), jadilah si apple pie idaman.Ingredients:
Bahan Kulit :
275 gr tepung terigu
175 gr mentega
50 gr gula bubuk
2 butir kuning telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanila
50 ml air es (tapi masukin dikit2 dulu, jgn langsung semuanya)

Bahan isi :
6 buah apel diparut
2 sdm tepung terigu
2 sdm maizena
1 sdm kayumanis bubuk
1/2 sdt pala bubuk
150 gr gula pasir
100 gr kismis
2 sdm air jeruk manis
2 sdm margarin beku, potong2 kecil2
es krim, secukupnya, rasa apa aja, paling enak vanila, coklat dan strawbery

Catatan: Resep ini untuk loyang ukuran 21 cm, kalo loyangnya kecil (kayak punya saya tuh), ya bikin setengah adonan aja.

Directions:
1.Aduk semua bahan kulit dengan tangan sampai adonan kalis.
2.Bulatkan adonan simpan di lemari es sekitar 1 jam, keluarkan.
3.Gilas adonan setebal 1/2 cm, ratakan diatas loyang, sisakan adonan kulit untuk jadi lapisan penutup
4.Campur semua adonan isi sampai rata, lalu tuangkan ke dalam loyang yg sudah dilapisi kulit pie tadi
5.Tambahan potongan margarine di beberapa tempat (menyebar)
6.Tutup dengan adonan kulit.
7.Panggang dalam oven 180C selama 45 menit (atau sampai kuning kecoklatan… oven saya gak ada pengatur suhunya nih).
8.Potong2, sajikan panas-panas dengan es krim…hmmm…

Martabak Kubang Mar 26, ’06 5:22 PM
for everyone

Category: Appetizers & Snacks
Description:
Di Padang, namanya “Martabak Kubang”, sebutan lainnya martabak asin, martabak Mesir, atau martabak telor. Dulu, mana pernah terbayang, saya akan mampu membuatnya sendiri. Kayaknya si jabang baby punya bakat jadi chef deh, abis, saya yang selama ini mualesss banget masak, sejak hamil kok mendadak jadi hobi masak 😀 Kali ini, karena saya gak boleh banyak gerak, martabak ini harus dibikin secara gotong-royong: Kirana yang menguleni adonan kulit (dia ahli banget loh, untuk urusan ini) dan si Papa bikin adonan isi. Resep asli didapat dari sini, tapi prakteknya sih, seperti yg saya tulis di bawah ini (kecuali adonan kulit, harus pas banget takarannya, biar hasilnya bagus, gak gampang robek). Hasilnya…hm… gak jauh beda deh, dengan Martabak Kubang di Padang.Ingredients:
Bahan Kulit

250 gr tepung terigu
135 ml air
50 ml minyak goreng
garam
semua diuleni sampai tidak lengket di tangan, lalu rendam dalam minyak selama dua jam

Bahan Isi:
200 gr daging giling
2 siung bwg putih cincang
1/2 bwg bombay cincang
garam-merica-gula secukupnya

Bahan isi ini ditumis semua

Lalu dicampur dengan bahan mentahan: (kira2) 100 gr bwg bombay cincang, (kira2) 100 gr daun bawang iris, dua butir telur, garam, dan merica secukupnya

Directions:
CARA MEMBUAT :

1. adonan kulit di bagi 7 atau 8 bulatan kecil, lalu digiling dengan gilingan kayu sampai sepipih mungkin asal jgn sampai robek (kalo ketebelan gak enak hasilnya)
2. isi dengan adonan isi, lipat serapi mungkin
3. goreng dgn minyak sedikit saja di wajan datar sampai kuning kecoklatan
4. disajikan dengan kuah dan timun yang diiris kecil2
(Kuah dibuat dari campuran air, cuka, gula merah/gula putih, kecap, dan cabe rawit, tambahkan juga irisan bawang bombay dan tomat. Takarannya sesuai selera.)

Brownies Gampang si Bumil 😉 Feb 26, ’06 10:16 PM
for everyone

Category: Baking
Description:
Sejarahnya, si bumil satu ini ketika pulkam, beli brownies. Baru dimakan sedikit, dia tertidur. Pas bangun, itu brownies udah ludes dimakan sodara2nya, hiks…, akhirnya terbayang-bayang sampai ke Iran, yang sayang sekali gak jual brownies. Akhirnya, setelah ngubek-ngubek internet, cari resep paling sederhana, serta konsultasi ama Mama Echa(sesama bumil yang juga demen coklat2an) soal oven, jadi juga deh si brownies idaman;) Ternyata, bikinnya gampaaaaang (gak perlu mixer2an segala)…hasilnya enak pula. Kata si Papa “Mau dong, dibikinin tiap hari.” (ini sih kayaknya sekaligus nyindir si bumil yang sejak 2 tahun terakhir gak pernah lagi bikin cake, alasannya sibuk, padahal sih sibuk tak menentu :)))Ingredients:
225 gr unsweetened baking chocolate (pakai coklat yg manis juga boleh, tapi takaran gula halusnya dikurangi)
175 gr mentega
300 gr gula halus
3 butir telur suhu ruangan
1 sdt vanili
250 gr tepung terigu
100 gr almond cincang

Directions:
1. Mentega dan coklat di-tim sampai meleleh (taruh di atas wadah, lalu wadahnya taruh di dalam air yg direbus di atas kompor)
2. Setelah leleh, tuangkan ke wadah lainnya, lalu masukkan gula halus, aduk rata (pake sendok garpu aja, gak perlu mixer)
3. Tambahkan telur dan vanili, aduk rata (masih dengan sendok garpu tadi)
4. Tambahkan terigu dan almond cincang, aduk lagi
5. Tuang adonan ke dalam loyang, oven 30 menit, kalo stlh 30 mnt masih belum mateng,ya tambah lagi 5 mnt, dst, asal jangan gosong aja 😀
6. Angkat, dinginkan, potong setelah dingin.

NB: buat yg belum tahu, brownies tuh emang cake bantat, jadi kalo hasilnya gak ngembang, ya biasa aja, emang harusnya begitu :D. Kalo pengen lebih ngembang lagi, dikocoknya pake mixer rada lama.

Lontong Sisa Lebaran Enaknya Diapain Yaaaa? Nov 6, ’05 1:06 PM
for everyone

Category: Appetizers & Snacks
Description:
Lontong sisa lebaran, enaknya diapain ya…(apalagi, yang gagal bikinnya, alias lembek, hehehe). Setelah browsing cari ide sana-sini…akhirnya saya menemukan resep-masakan-kroket-nasi-keju. Di resep aslinya sih, pake nasi biasa, tapi saya ganti dengan lontong sisa lebaran. Kata si Papah dan Kirana sih enak:)Ingredients:
1 sdm margarine
2 sdm bawang putih cincang halus
150 ml susu cair
300 gr nasi putih (saya ganti dengan lontong sisa lebaran)
1 butir telur
tepung terigu secukupnya (di resep asli gak ditulis takarannya berapa )
1 sdt garam, ½ sdt merica bubuk, dan 1 sdm gula pasir (>>> kalo saya sih, gula pasirnya dikit, tapi garam dibanyakin, jadi rasanya gurih)
5 batang buncis, serut (iris kecil2)
1 batang wortel, serut (diparut kasar)
50 gr keju cheddar, parut (saya pakai gouda cheese, sisa bikin cheese-stick)
20 butir telur puyuh (saya sih gak pake, cari di maneeee?)
untuk olesan luar: 100 gr tepung roti dan 1 butir telur

Directions:
(ini sih cara saya sendiri, tidak persis resep asli)
1. panaskan margarine, tumis bawang putih sampai harum
2. angkat dari kompor, tuangkan susu, garam, merica, gula, lalu tuangkan tepung, aduk2, taruh kembali di kompor sampai jadi adonan bubur kental, angkat lagi
3. masukkan lontong/nasi, buncis, wortel, telur, dan keju, aduk rata
4. bikin bulat2 sesuai selera (kalo mau pake telur puyuh: telur ditaruh di tengah)
5. celupkan bulatan adonan ke telur, lalu gulingkan ke tepung roti
6. goreng sampai kuning kecoklatan
7. siap dimakan dengan cabe…hmmmmmm…

Gulai Buncis ala Uwa-nya Kirana Nov 5, ’05 4:52 AM
for everyone

Category: Other
Description:
Uwa artinya nenek (bhs Minang-Payakumbuh). Tiap lebaran, Uwa-nya Kirana selalu membuat ketupat sayur. Nah, sayur-nya ini yang khas, yaitu gulai buncis. Mama sampai nelpon ke Padang menanyakan resepnya karena Lebaran tahun ini Mama dan Kirana gak bisa pulkam.Ingredients:
Buncis
Cabe Hijau
Bwg merah, bwg putih
Jahe
Daun Salam
Tauco
Santan

Directions:
Tumis bawang merah dan bwg putih yang udah diblender halus, lalu masukkan jahe, daun salam, dan tauco.
Setelah itu, masukkan irisan cabe hijau.
Setelah rada layu, masukkan irisan buncis.
Setelah buncis rada layu, baru tuangkan santan.
Rebus sampai buncis lunak, beri garam secukupnya.
Hidangkan dengan ketupat/lontong, sambel goreng hati, dan kerupuk emping.

Cheese Stick Step by Step With Kirana ^_^ Nov 1, ’05 8:54 PM
for everyone

Category: Appetizers & Snacks
Description:
Kalo soal masak, Kirana emang hobi (minimalnya hobi ngeliatin). Sejak maghrib, dia heboh nunggu Mama siap-siap bikin cheese stick. Abis sholat Isya, mulai ngomel, “Ayo Maaaaa!” Eh, kata Mama, lupa belum beli mentega. Pulang dari warung, ada telpon, ngajak rapat acara Idul Fitri, waduuuuh. Setelah bete nungguin Mama rapat, akhirnya dimulai juga acara bikin cheese stick, horeeee!Ingredients:
375 gr tepung terigu
125 gr tepung sagu (tapioka)
150 gram keju tua, parut (Kirana pake gouda cheese)
1/4 sdt garam
2 btr telur
125 gr mentega, cairkan
air secukupnya
minyak untuk menggoreng

Directions:
Step 1 (lihat gambar 1): Campur tepung terigu, tepung sagu (tapioka), keju parut dan garam, masukkan telur, aduk rata. Tuang mentega sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan air sedikit bila perlu.

Step 2: Bagi adonan menjadi tiga bagian, gilas masing2 bagian sampai tipis (ini favoritku, kata Kirana)

Step 3: iris-iris/gunting 1/2 cm

Step 4: Goreng hingga matang dan kering

Step 5: horeee…jadi deh. Tapi ini sih bukan buat lebaran. Aku makan sampai habis, udah capek2 bikin, neh! (kata Kirana)

PS: ini resep kalo gak salah nemu di internet juga..bukan ciptaan sendiri, tapi lupa sumbernya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s