Sekolah Impian


Akhir-akhir ini saya terobsesi berat pengen bikin playgroup dan TK. Motivasi utama ya buat Reza. Saya ingin dia dapat sekolah yang keren, tapi deket rumah (di Bandung banyak sekolah keren, tapi jauh banget dari Rancaekek). Apalagi, “gara-gara” saya terlalu banyak membaca tentang pendidikan usia dini, saya jadi punya banyak idealisme… misalnya, ngajarin anak membaca harusnya sambil bermain… anak di TK itu harusnya bebas, bukannya duduk manis di kursi terus-menerus.. pengen ada kurikulum menghafal Quran sambil bermain..pengen ini..itu..


Akhirnya, saya berniat mau buka sekolah khusus menghafal Quran untuk balita. Tapi dalam prosesnya… jadi terpikir, kenapa ga sekalian bikin PAUD aja (jadi selain menghafal Quran dengan metode Rumah Qurani, juga diberi materi-materi tambahan ala PAUD)..

Seperti kata Ima, ada yang disebut mestakung, semesta mendukung. Ternyata saya mengalaminya pula. Awalnya saya merasa bikin PG dan TK itu akan menjadi sesuatu yang rumit… SDM nya dari mana.. dananya gimana.. kurikulumnya gimana.. dst. Tapi, seiring dengan waktu.. ada saja pertolongan dari sana-sini…

Salah satu bentuk mestakung itu adalah, saya ketemu dengan seorang pejabat di sebuah yayasan pendidikan elit di Bandung. Eh.. ngobrol sana-sini (padahal saya ga tau sebelumnya, bliau ini siapa).. bliau menawarkan saya untuk observasi ke PG/TK-nya. Dan alhamdulillah, tadi saya udah ke sana. Duh, itu sekolah keren banget.. seandainya saja dekat dari rumah, pasti saya masukin Reza ke sana. Tapi mungkin memang saya musti buka sekolah sendiri, hehe, makanya sama Allah dikasih rumah yang jauh 😀


Setelah berkunjung ke sana, inspirasi bermunculan, ide-ide berkelebat di kepala, rasanya hampir tumpah, rasanya ingin segera diwujudkan. Tapi tentu saja ga bisa buru2. Tahap pertama mau bikin PG sederhana aja dulu. Tapi, tak ada salahnya bermimpi kan. Inilah sekolah impian saya, insya Allah tahun depan bisa dibuka (optimis!):

-di halaman sekolah ada kolam ikan yang tak dalam, paling semata kaki anak-anak. Sebelum masuk kelas, anak-anak disuruh nguras kolam, atau kalau kolamnya bersih, kasih makan ikan.

-ada kebun kecil sayuran dan bunga, sayur dan bunga itu ditanam oleh anak-anak, lalu mereka yang menyirami setiap hari

-ada bak pasir untuk main anak-anak

-anak-anak tidak melulu duduk di satu kelas, mereka boleh pindah belajar ke ruang perpustakaan, atau ke bak pasir, atau ke dapur

-ruang perpustakaannya ada bantal-bantal kecil dan didesain santai, supaya anak-anak betah membaca

-ada dapur buat anak-anak belajar memasak sederhana dan belajar mencuci piring

-ada ruang melukis dan main kotor-kotoran (bikin kerajinan apa aja)

-ada pelajaran menari dan main drama

..

Apa lagi ya..? Ada tambahan ide?

pic from here

2 thoughts on “Sekolah Impian

  1. Assalamu’alaikum hu Dyna
    Saya senang sekali dengan ide dan keinginan bu dina untuk mendirikan sekolah (PAUD) impian ini… mudah-mudahan segera terwujud ya bu Dyna.
    Kalo dilengkapi dengan ruang khusus untuk stimulasi motorik kasarnya itu akan sangat membantu perkembangan motorik halusnya bu. Jadi anak dimatangkan dahulu perkembangan motorik kasarnya. Media bermainnya seperti matras, trampolin, papan titian, dll bisa juga dari bahan alam bu.. sebisa mungkin kita manfaatkan contohnya dari tempurung kelapa kita jadikan egrang batok yang saya rasakan setelah diterapkan ke anak (pada saat anak saya 3-4 thn) itu bisa membantu keseimbangan dan fokusnya.
    Hihi Maaf ya bu Dyna komennya panjang banget.. bicara soal anak dan tolibul ilmi ini memberi energi positif bagi saya. Saya tunggu tulisan bu dyna tentang cara mengajarkan sejarah agama dll ya bu Dyna.
    Jazakillah bu Dyna, wassalam

    • Waalaykumsalam. Terimakasih bu Vita. TK-nya sudah berdiri lima tahun bu, tapi tidak sesuai impian.. serba sederhana karena keterbatasan dana 🙂
      Insya Allah nanti saya tuliskan ya bu.

Leave a Reply

